Tips Rutinitas Pagi Orang Sukses Yang Wajib Kamu Ikuti

Tips Rutinitas Pagi Orang Sukses Yang Wajib Kamu Ikuti

Banyak orang mungkin berpikir orang sukses akan melakukan rutinitas pagi langsung di depan layar handphone atau komputer untuk mengecek email dan melihat pekerjaan yang masuk.

Cara terbaik untuk menentukan rutinitas pagi yang efektif adalah dengan melihat rutinitas orang-orang yang sangat sukses. Rutinitas pagi yang sehat jadi kunci kesuksesan. Hal itu pula yang dilakukan orang-orang sukses seperti Marie Kondo, Oprah Winfrey, Barack Obama dan lainnya.

Cara seseorang menghabiskan beberapa jam pertama di pagi hari dapat menentukan suasana hati untuk sepanjang hari. Beberapa waktu lalu, beberapa orang sukses yang dinilai sebagai miliuner mengungkapkan kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan di pagi hari usai bangun tidur.

Rutinitas pagi yang baik dapat menciptakan suasana hati yang positif dan produktivitas selama berjalannya hari. Namun hal itu salah, orang sukses memulai rutinitas mereka dengan hal sederhana yang membangun kefokusan terlebih dahulu dan masih banyak lagi rutinitas orang sukses terlepas dari teknologi dan segelas kopi pagi.

Apa saja kebiasaan pagi yang dilakukan orang sukses? Simak penjelasannya berikut ini.

Berikut Tips Rutinitas Pagi Orang Sukses Yang Wajib Kamu Ikuti :

1. Bangun pagi 

Selain menghindari keterlambatan, bangun pagi juga memungkinkan orang untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Bangun pagi memberikan waktu tanpa gangguan untuk perencanaan, penyusunan strategi dan menetapkan tujuan pribadi untuk menjalani hari yang produktif .

Baca :   Bisnis Keluarga : Lepas dari Bayang-bayang Orangtua

Hampir semua orang sukses ini tidak ada yang bangun kesiangan. Mereka rata-rata bangun pagi antara pukul 05.00-06.00 WIB.

Melansir Healthline, bangun pagi memang memiliki sejumlah manfaat seperti lebih produktif hingga membuat pikiran lebih segar.

2. Meditasi Pagi

Meditasi pagi selama beberapa menit menumbuhkan kesadaran, mengurangi stres dan mempertajam fokus. Meditasi juga digunakan untuk relaksasi dan pengurangan stres karena dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang dalam dan pikiran yang tenang.

Ada banyak alasan mengapa banyak orang bermeditasi di pagi hari. Salah satunya adalah kemampuan meditasi untuk mengendalikan kecemasan dan stres.

Dengan manfaatnya itu, tak mengherankan jika banyak orang sukses yang melakukan meditasi di pagi hari. Co-founder Huffington Post, Arianna Huffington, misalnya yang mempraktikkan meditasi selama 20-30 menit setiap pagi. Hal ini dilakukannya sebelum mengecek surat elektronik.

3. Berolahraga Secara Teratur

Aktifitas fisik di pagi hari meningkatkan energi, meningkatkan kejernihan mental dan memberikan suasana hati yang positif. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi hari dengan intensitas sedang meningkatkan kognisi dan memori di siang hari untuk orang dewasa yang lebih tua.

Editor in Chief Vogue Anna Wintour memulai paginya dengan pertandingan tenis selama 60 menit. Studi menemukan ini sebagai langkah yang cerdas.

Baca :   Bisnis Keluarga : Rahasia di Balik Kegagalan Pemimpin Profesional

Olahraga sebelum sarapan juga terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan olahraga pagi mengurangi risiko hipoglikemia pasca olahraga pada penderita diabetes dan juga meningkatkan kualitas tidur. Berkeringat sebelum mulai bekerja, sekolah atau tugas sehari-hari lainnya juga bagus untuk pola pikir.

4. Merencanakan Hari

Buatlah perencanaan hari yang sesuai. Jangan memaksakan perencanaan berlebih yang bisa menguras  tenaga. Prioritaskan tugas, tetapkan sesuai tujuan dan buatlah daftar kegiatan sehari yang terorganisir serta efisien. Selesaikan hal yang paling penting terlebih dahulu.

5. Sarapan Sehat

Asupan nutrisi yang sehat pada pagi hari memberikan aura positif bagi kesehatan. Hal ini tentunya dapat berpengaruh secara keseluruhan, menjaga ketajaman mental serta memberikan energi untuk mengatasi tantangan dengan vitalitas. 

6. Membaca Pagi

Membiasakan membaca pada pagi hari kurang lebih 30 menit akan baik untuk pertumbuhan pribadi, mendapatkan informasi terupdate, merangsang pemikiran dan daya kritis serta yang pastinya memperluas wawasan.

Menghabiskan beberapa menit untuk membaca setiap pagi menentukan arah hari yang sukses. Terutama jika buku yang dibaca adalah buku pengembangan diri. Dengan ini kamu bisa menentukan kebijaksanaan yang ditargetkan pada tujuan pribadi, bermanfaat dan efektif untuk dilakukan.

Tidak hanya melakukan meditasi dan memecahkan masalah, kebiasan orang sukses di pagi hari, menurut Corley, juga membaca sesuatu yang bisa memotivasi.

“Mereka mencoba membaca hal-hal yang membangkitkan semangat, motivasi, inspirasi untuk membuat mereka memiliki pola pikir yang benar dan ini sangat penting,” ujarnya.

Baca :   Bagaimana Headhunter Mencari Kandidat Terbaik Yang Cocok Dengan Budaya Perusahaan?

Menurutnya, seseorang yang memiliki pandangan mental yang positif, berpeluang lebih besar untuk sukses dalam hidup.

7. Latihan Syukur

Mengekpresikan rasa syukur setiap pagi dapat menumbuhkan pola pikir positif. Banyak-banyak bersyukur akan membuat diri seseorang semakin bahagia. Ketika mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tuhan, seseorang pasti akan merasa lebih bahagia dan termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas hidupnya.

Pengusaha Oprah Gail Winfrey yang masuk deretan miliarder dunia selalu bangun tepat waktu tanpa alarm. Selain itu, saat di pagi hari, ia selalu mengucapkan rasa syukur karena telah diberi kesempatan untuk hidup. “Pikiran pertama saya di pagi hari adalah, ‘Oh, saya masih hidup. Terima kasih!” kata Oprah dikutip dari Forbes.

Demikian info artikel Tips Rutinitas Pagi Orang Sukses Yang Wajib Kamu Ikuti semoga menjadikan kita inspirasi kehidupan untuk menjadi orang yang sukses.

#tipsrutinitaspagi #tipspagi #rutinitaspagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article